Sabtu, 12 Maret 2011

Serikat Misionaris Xaverian (SX)

Serikat Misionaris Xaverian didirikan oleh Beato Guido Maria Conforti pada tahun 1885. Belaiu adalah imam projo, yang sempat emnjabat uskup di Ravena dan Parma, Italia, sampai wafatnya pada 5 November 1931.

Beato Guido Maria Conforti lahir di Parma 30 Maret 1865. Cita-citanya mnejadi seorang misionaris muncul setelah membaca riawayat hidup Str. Fransiskus Xaverius, Sang Misionaris Agung saat berada di seminari menengah. Ia ingin berangkat ke aldang misi tapi rupanya Tuhan punya rencana lain, sehingga ia menjadi bapak para misionaris.

Karisma Xaverian adalah memperkenalkan Kabar Gembira kepada orang-orang yang belum mengenalNya: ad gentes, ad extra, ad vitam. Para anggota xaverian mengikrarkan kaul Abdi Misi dan menyerahkan diri ekpada Bapa, yang membuat mereka turut serta dalam perutusan Kristus.

Spiritualitas

1. Kesatuan yang mesra dengan pribadi Kristus, Misionaris Bapa, menjadi pusat hidup, sumber dan inspirasi, cara berpikir, mengasihi dan bertindak bagi setiap anggota xaverian. Beato Conforti mengungkapkan ini dalam motto, IN OMNIBUS CHRISTUS. Kristus di dalam segala-galanya (Kol 3,11). Motto ini dipilih Mgr. Conforti untuk karya keuskupannya. Motto ini sekarang terukir pada makamnya sebagai warisan bagi para misionarisnya. 


2. Hidup merasul

dengan demikian
para xaverian adalah biarawan yang mengucapkan kaul-kaul kebiaraan,
tetapi bukan biarawan pertapa (kontemplatif) melainkan biarawan pekerja (aktif)
yang membuka ladang-ladang baru bagi Kerajaan Allah.
Spiritualitas tersebut terungkap dalam . . .

semangat taat untuk selalu siap dan rela menunaikan tugas apa saja dan di mana saja.
semangat kasih yang hangat bagi sesama anggota sekongregasi, bagai dalam keluarga
semangat doa hingga tetap bersatu dengan Kristus sebagai sumber inspirasi, agar mampu mengubah tiap perkerjaan menjadi doa yang tak kunjung putus. dengan demikian pengudusan dicapai dalam karya kerasulan itu sendiri. semangat iman yang hidup untuk mencari, melihat dan mengasihi Allah dalam segala sesuatu dan emgobarkan hasrat untuk menyebarluaskan Kerajaan-Nya ke seluruh penjuru dunia. yang telah dihayati menurut nasehat-nasehat dalam Injil: taat, miskin, murni untuk mewartakan dan menghadirkan Kerajaan Allah bagi orang-orang yang belum mengenal Yesus Kristus, khususnya bagi mereka yang miskin, lemah dan tertindas atau menderita ketidakadilan (Luk 4: 18-19). 

Motto 

"Caritas Christi Urget Nos"
 Kasih Kristus yang Mendesak Kami
(2 Kor 5:14)

Dilengakpi dengan:

"Fiet Unum Ovile et Unus Pastor"
Agar mereka menjadi satu kawanan dan satu gembala
(Yoh 10:16)
Karya Xaverian

  • Asia
  • Afrika
  • Amerika Latin
  •   Eropa
  •  USA


Hubungi di:

Rumah Tunas Xaverian dan Animasi Misi dan Panggilan
Jl. Pandega Asih I.B/8
Yogayakarta 55283
Telp. (0274) 883798

Rumah Pra Novisiat dan Novisiat
Jl UtamaI Pondok Karya

Bintaro - Tangerang 15225
Telp (021) 7375638

Rumah Provinsialat SX
Jl Situjuh No. 3
Padang 25129, Sumatera Barat
Telp. (0751)34207

Tidak ada komentar:

Posting Komentar