Rabu, 09 Maret 2011

Ordo Karmel (O.Carm)

Sekitar abad XII banyak sekali peziarah pergi ke Gunung Karmel untuk bertapa dan berdoa. Mereka tingal di dekat sumber Elia. Para petapa awali ini hendak mengikuti Kristus dalam semangat Nabi Elia dan teladan Bunda Maria. Seperti Elia, mereka ingin hidup di hadirat Allah dan bekerja segiat-giatnya bagi kemuliaanNya. Mereka juga menghormati Maria sebagai Saudari sekaligus Bunda.Sekitar tahun 1207, St. Albertus, Patriakh Yerusalem memberikan peraturan hidup bagi para Karmelit. Dengan regula itu, mereka menghayati semangat doa, persaudaraan serta kerasulan dan disebut sebagai Saudara-saudara St. Maria dari Gunung Karmel. Sejak kepindahannya ke Eropa, Ordo Karmel berkembang ke seluruh dunia.

Spiritualitas

Hidup Doa
Hidup Karmelit bersumber pada doa sebgai kerinduan akan Allah. Para Karmelit terpanggil untuk hidup di hadirat Allah dan melihat segala sesuatu dengan mata Allah sendiri. Inilah yang biasanya disebut dengan sikap kontemplatif. Pengalaman akan doa mengubah hidup para Karmelit, sehingga mereka didorong untuk membagikan buahnya kepada sesama

Persaudaraan
Dari kelimpahan hidup doa ini para Karmelit menjalin dan mewujudkan hidup bersaudara dalam komunitas. Saling menerima dan memahami adalah kunci utama untuk membentuk persaudaraan.

Kerasulan

Para Karmelit tidak mau hidup dalam "menara gading", lepas dari saudaranya. Sebab itu akan menhentikan makna hidup doa dan persaudaraan. Para Karmelit hendak hidup di tengah-tengah umat. Mereka rindu memberikan kesaksian tentang kasih Allah yang tak terhingga. Para Karmelit hadir lewat karya pastoral di paroki, pelayanan doa, pembinaan hidup rohani, pelayanan retret, pendidikan, dan karya sosial karitatif.   

Untuk Informasi Lebih Lanjut Hubungi:


Sub-Komisi Panggilan Ordo Karmel Indonesia
Jl. Terusan Rajabasa 4 Malang 65146
Telp (0341)561409


Biara Karmel Regina Apostolorum
Jl. Hasanudin no. 13 Batu 65313
Telp. (0341)591012
novisiat_ocarm@yahoo.com

Postulat Nabi Elia
Jl. Batu Kapur 359 A, Kuta Gambir, Sumatera Utara
Telp. (0627)424500

 

2 komentar: