Minggu, 20 Maret 2011

Seminari Menengah Roh Kudus - Tuka

  1. Latar belakang pemilihan nama Seminari dan maknanya bagi para calon imam.
    Seminari Tuka memilih pelindung Roh Kudus karena didirikan dan diberkati tepat pada Hari Raya Pentekosta.
  2. Sejarah berdirinya dan perkembangannya
    a. Tanggal berdirinya: 9 Juli 1953
    b. Pendiri: P. Norbert Shadeg, SVD.
  3. Situasi awal dan perkembangannya
    Tuka adalah sebuah dusun kecil yang tidak begitu terkenal di daerah pulau Dewata Bali. Tuka terletak di sebelah selatan Pulau Bali, masuk dalam wilayah Kecamatan Kuta Utara – Kabupaten Badung, kurang lebih 14 km dari kota Denpasar. Berkat karya misi Gereja yang berawal tahun 1935 dan dengan diangkatnya Mgr. Hubert Hermens, SVD sebagai seorang Prefektur Apostolik oleh Vatikan untuk wilayah Bali-Lombok, kemajuan karya misi Gereja Lokal dalam bidang pendidikan dan kesehatan serta sosial dirasakan begitu pesat. Pulau Bali secara resmi menjadi wilayah karya Misi Gereja Universal.
    Pesatnya perkembangan Misi Gereja saat itu disebabkan pula oleh kedatangan para misionaris SVD (Societas Verbi Divini – Serikat Sabda Allah), seperti P. Simon Buis, SVD., P. Jan Kersten, SVD., P. Anton de Boer, SVD., P. Jan Heyne, SVD. Maka tak bisa dipungkiri lagi bahwa terang telah bersinar di wilayah Pulau Dewata yang diawali dengan pembaptisan beberapa orang Bali menjadi katolik serta peresmian gereja pertama di Tuka.
    Pada tanggal 9 Juli 1949, P.Norbert Shadeg, SVD bersama rekannya P. Joseph Flaska, SVD. diutus menjadi misionaris ke Bali.
    Pada tanggal 9 Juli 1953, P.N. Shadeg, SVD mendirikan sebuah lembaga Seminari kecil (setingkat SMP) di dusun Tangeb, sekitar 15 km dari Denpasar. Kesulitan terberat yang dihadapi P. Shadeg, SVD adalah melawan tantangan dari pemuda rakyat yang berhaluan komunis yang tidak setuju terhadap usaha Gereja membangun Seminari kecil di Tangeb. Namun P.N. Shadeg tetap gigih berjuang membangun Seminari kecil di Pulau ini. Meski banyak tantangan, seminari yang baru didirikan bertahan di Tangeb selama 3 tahun. Kemudian muncul gagasan baru dari Mgr. Hermens dan P.N. Shadeg untuk memindahkan Seminari kecil dari Tangeb ke Tuka.
    Tepat pada hari Kristus Raja Semesta Alam, tanggal 28 Oktober 1956, Seminari itu berdiri di dusun Tuka. Pada tahun ajaran 1983-1984 Seminari Menengah Roh Kudus Tuka membuka tingkat SMA, dengan kegiatan belajar mengajarnya bergabung dengan siswa-siswi SMA Thomas Aquino Tangeb, karena itu setiap seminaris harus bersepeda menuju sekolah yang berjarak 3.5 km itu.
  4. Situasi Seminari kini (Visi dan Misi Seminari)
    Visi Seminari Menengah Roh Kudus Tuka: “Sebuah lembaga pembinaan dan pendidikan tempat berseminya benih panggilan menjadi imam yang berkualitas, berkepribadian dewasa, beriman kristiani yang tangguh, mempunyai intelektualitas yang memadai, berwawasan luas dalam berdialog dengan agama dan budaya setempat, memiliki semangat ketaatan pada pemimpin Gereja dalam semangat communion serta semangat merasul di tengah dunia demi berkembangnya Kerajaan Allah.” Misi Seminari Menengah Roh Kudus Tuka

    1. Menjadi tempat pembinaan dan pendidikan bagi calon Imam yang berkualitas.
    2. Menjadi tempat pembinaan bagi calon imam yang berkepribadian dewasa dan bertanggungjawab.
    3. Menjadi tempat pembinaan bagi calon imam yang tangguh dan ulet dalam pelayanan sesuai dengan kebutuhan umat.
    4. Menjadi tempat pembinaan bagi calon imam yang karya pastoralnya berorientasi pada budaya setempat sehingga Gereja lokal sungguh mengakar dalam masyarakat.
  5. Arah Pembinaan Seminari Menengah Roh Kudus Tuka
    Pembinaan merupakan proses pendampingan yang terus-menerus dan berkesinambungan terhadap seminaris, agar mereka dapat mewujudkan motivasi panggilannya dalam kehidupan sehari-hari. Arah pembinaan Seminari Tuka berbasis pada bidang kemanusiaan atau humanitas yang meliputi aspek kepribadian/personalitas, intelektualitas, kristianitas/keimanan, seksualitas, kerasulan dan misioner. Semua aspek bidang itu dikemas dalam sebuah silabus pembinaan yang integral di mana di dalamnya terdapat elemen pendidikan humaniora dan budaya yakni pengembangan kemanusiaan sesuai bakat, karunia, keterampilan dari para seminaris. Diharapkan dari pembinaan yang integral menyeluruh ini dapat dihasilkan seminaris yang siap melanjutkan panggilannya ke jenjang lebih tinggi. Profil siswa yang diharapkan adalah seminaris yang memiliki kepribadian dewasa, mempunyai motivasi yang sehat untuk menjadi imam yang beriman teguh, sehat jasmani dan rohani memiliki semangat kerasulan dan misioner.
  6. Status Seminari

    1. Milik keuskupan : ya
    2. Antar keuskupan : tidak
    3. Gabungan dengan tarekat : tidak
    4. Milik tarekat : tidak 


    Seminari Menengah Roh Kudus Tuka
    Banjar Tuka - Desa Dalung - Kecamatan Kuta Utara
    BALI - INDONESIA

    PO Box 18 SEMPIDI 80351 Denpasar - Bali

    Website: www.bali-seminary.org   E-mail: dmbenedict2001@yahoo.com 


Sumber: www.bali-seminary.org

    4 komentar:

    1. viva seminari Tuka. Tuhan memberkati

      BalasHapus
    2. bagaimana cara mendaftar ke seminari ini

      BalasHapus
    3. Semoga selalu tumbuh benih benih panggilan dalam melayani Tuhan dan sesama

      BalasHapus
    4. bagaiamana cara daftar ke seminari ini..
      anak saya mau daftar

      BalasHapus