Sabtu, 21 Mei 2011

Suster-Suster Cintakasih St. Carolus Borromeus (CB)

Sejarah

Ibu Pendiri - Elisabeth Gruyters
Catatan-catatan yang ditinggalkan oleh Pendiri merupakan sumber penting untuk menelusuri sejarah Kongregasi CB. Pendiri menulis semua kenangannya dalam sebuah kitab biasa yang halaman-halaman awal sudah penuh dengan berbagai catatan lain. Tulisan asli ini sekarang disimpan dalam arsip kongregasi.
Dalam mendirikan kongregasi ini, Elisabeth Gruyters didampingi oleh P. A. van Baer yang pada tahun 1836 daingkat menjadi pastor-deken gereja St. Servatius. P. Van Baer menerima Elisabeth Gruyters sebagai Suster Cintakasih St. Vincentius a Paulo. Dari catatan sejarah. Dari catatan sejarah, ternyata Roma keberatan terhadap penamaan ini. Elisabeth dan P. Van Baer dihadapkan pada pilihan: menggabungkan diri dengan kongregasi yang didirikan oleh St. Vincentius a Paulo atau menerima St. Carolus Borromeus sebagai pelindung, dan ternyata mereka memilih pilihan terakhir, yaitu memilih St. Carolus Borromeus menjadi pelindung mereka. Namun, nama St. Vincedntius a Paulo tidak dihapus. Bagi kongregasi St. Vincnetius a Paulo merupakan pelindung kedua.



Visi Misi

St. Carolus Borromeus
 Kharisma
Cinta tanpa syarat dan bela rasa dari Yesus Kristus yang tersalib
Visi
Yang miskin, yang tersisihdan yang menderita diselamatkan dandan dibebaskan dalam Kerajaan Allah
Misi
Sadar akan persembahan hidup kita kepada Tuhan melalui hidup berkaul sesuai konstitusi kami, dengan diilhami Roh Kudus dan dijiwai oleh kharisma Bunda Elisabeth, serta dalam kesetiaan kepada Gereja Universal, kami Suster-Suster Cintakasih St. Carolus Borromeus berserah diri untuk:
  1. Mengembangkan relasi yang mendalam dengan Kristus dalam sikap hidup kontemplatif dan terus-menerus berdiskresi.
  2. Memberikan kesaksian hidup sebagai "Hamba Yahwe"
  3. Mewujudkan pelayanan bagi keutuhan manusia agar semakin sesuai dengan citra Allah sebagai tanda kehadiran KerajaanNya dan menghadapi tantangan zaman dalam kegembiraan dan kesederhanaan, dengan keberpihakan kepada mereka yang menderita karena ketidakadilan. identitas kami sebagai suster CB berlandaskan kuat pada pribadi Yesus, Sang Kristus.

Logo
 
Logo CB




Hubungi....
Provinsialat CB
Jl. Kolombo 19A, Yogyakarta 55223
Kotak Pos 27/YKBS
Telp. 0274-514024  Fax. 0274-515709
Email: dppcb@indosat.net.id

Postulat St. Carolus
Jl. Affandi CT X/26 Santren
Yogyakarta 55281
Telp: 0274-518837
email: postcbmrican@yahoo.com


Novisiat St. Carolus
Jl. Affandi CT X/26 Santren
Yogyakarta 55281
Telp: 0274-518837

Tidak ada komentar:

Posting Komentar