Rabu, 25 Mei 2011

Kongregasi Misionaris Claris (MC)

Madre Maria Ines
Sejarah Kongregasi dan Perjalanan Ibu Pendiri
Madre Maria Ines Teresa Arias Espinosa lahir di Ixtland del Rio, Nayarit, Mexico pada tanggal 7 Juli 1904 sebagai anak ke lima dari delapan bersaudara.
Selama perayaan kongres Ekaristi Nasional bulan Oktober 1924 dia begitu tersentuh oleh rahmat illahi, sehingga mengambil keputusan yang mantap untuk menyerahkan diri seutuhnya kepada Tuhan dalam hidup membiara. Pada hari raya Kristus Raja tahun 1926 ia membaktikan diri kepada cinta Mahabelaskasih sebagai "kurban bakaran" .
Setelah mengatasi berbagai kesulitan, akhirnya tanggal 5 Juni 1929 ia mewujudkan cita-citanya masuk biara kontemplatif Santa Clara (Claris) di Los Angles, California, tempat para suster mengungsi karena pengejaran terhadap Gereja di Mexico. Pada tahun 1945 dengan persetujuan para pimpinan biaranya dan ijin pemimpin Gerejawi ia mendirikan Kongregasi Misionaris Claris dari Sakramen Mahakudus di Cuernavaca, Mexico. Karya ini berkembang dengan cepat, sehingga pada tanggal 22 Juni 1951 mendapat pengesahan kepausan dari Tahta Suci dan Madre Ines diangkat sebagai Pemimpin Umum yang pertama.
Panggilan hidup doanya, cintanya kepada jiwa-jiwa dan kepada salib melebur dalam dirinya menjadi kepasrahan sepenuhnya terhadap kehendak Allah.Sumber doa baginya adalah Sabda Allah yang dibaca dalam Kitab Suci, direnungkan dalam hatinya dan dibaca kembali serta dihayati dalam persekutuan dengan Gereja.

Ekaristi dan Maria adalah pusat kehidupannya
Di hadapan Tabernakel dan dalam kemesraan sebagai putri Maria, Madre Ines menyelaraskan semua percobaan dan penderitaannya dengan kepentingan-kepentingan Yesus: "Engkau memperhatikan kepentingan-kepentinganKu dan Aku akan memperhatikan kepentingan-kepentinganMu".
Ia mengambil motto Rasul Paulus: "Oportet Illum Regnare" (Dia Harus Meraja), dan karenanya hidup Madre Ines terdorong oleh kedahagaan misioner demi keselamatan jiwa-jiwa. Ia menjelajah beberapa benua dan mendirikan misi-misi di Mexico, Jepang, Indonesia, Costa Rica, Sierra Lione, Nigeria, Amerika Serikat, India,  Spanyol, Irlandia, Korea, Rusia, Argentina, Italia. Madre Ines juga mendirikan sekelompok imam yang disebut "Misionaris Kristus untuk Gereja Universal", dan gerakan/kelompok awam yang bernama "Van Clar".
Tanggal 9 Desember 1980 Madre Ines diterima dalam audiensi pribadi oleh Bapa Suci Paus Yohanes Paulus II, berkenan dengan ulang tahun ke 50 dalam pembaktian membiaranya. Penuh kepercayaan kepada Sri Paus ia membaharui kaul-kaulnya dan menyerahkan segenap anggota keluarga misionernya. Secara spontan Sri Paus berkata, "Betapa setianya! Betapa setianya".
Hamba Allah Madre Maria Ines meninggal dunia pada tanggal 22 Juli 1981 dengan ketenangan, kesederhanaan dan kepasrahan dalam tangan Allah Bapa dalam satu tindakan cinta sempurna, seperti yang telah dihayati semasa hidupnya. Kehidupan dan kematian Madre Ines bagaikan madah pujian, yang bergema di dunia dan memulai madah abadi dalam kontemplasi Allah yang Mahakudus.
Sekarang ini Suster Madre Ines dalam proses beatifikasi, Madre Maria Ines Teresa Arias, MC menerima dari Gereja gelar Hamba Allah dan gelar Venerable (yang pantas dihormati) pada tanggal 3 April 2009.Semoga segala proses beatifikasi dapat berjalan dengan baik.


Bergabunglah bersama kami untuk melayani sesama dalam karya :
    St. Clara
  • Pastoral - Katekase
  • Sosial
  • Pendidikan
  • Kesehatan
Misionaris Claris berkarya di berbagai negara :
  • Roma  - pusat kongregasi MC
  • Amerika - Mexico, Costa Rica, Amerika Serikat, Argentina
  • Eropa - Spanyol, Irlandia, Italia, Rusia
  • Asia - Jepang, Indonesia, Korea Selatan, India
  • Afrika - Nigeria,  Sierra Leone

Semangat Kongregasi Misionaris Claris :
  1. Misioner
  2. Ekaristi
  3. Imami
  4. Marian
Spiritualitas Kongregasi Misionaris Claris :
  1. Kegembiraan
  2. Kesederhanaan
  3. Kepercayaan
Logo


Makna gambar :
  • Salib Misioner : Berusaha melaksanakan rencana Bapa, untuk menyelamatkan semua orang. Bersedia ditugaskan di mana saja.
  • Daun Palem Ekaristik : Jalinan persatuan dengan Sang Maha Suci dalam sembah sujud pada Sakramen Mahakudus. Santapan rohani yang menguatkan.
  • Lentera Imami : Mempersembahkan hidupnya sebagai kurban silih untuk keselamatan jiwa-jiwa.
  • Kecapi Kegembiraan : Hati bagai kecapi yang melambungkan lagu-lagu merdu dari kesediaan hati yang penuh cinta dalam pengabdian kepada Tuhan dan sesama
  • Bunga dan Bintang Marian : Meneladani hidup Maria dalam kesetiaannya kepada Yesus.
  • Oportet Illum Regnare: Dia harus Meraja

Hubungi....

Rumah Regional
Jl. Ngagel Madya no. 1
Surabaya - 60284
Telp. 031-5023827
Fax 031-5040851

Novisiat 
Jl. Mundu no. 27 Madiun - 63131
Telp 0351-452038
Fax 0351-483823

Misionaris Claris
Jl. Biliton no. 10
Madiun - 63122
Telp 0351-494524
Fax 0351-455780

Misionaris Claris
Jl. Duren Sawit Baru Blok A 10 no. 10
Jakarta Timur
Telp. 021-8618071
Fax. 021-8618027

"Que Todos Te Conoscan Y Te Amen, Es La Unica Recompensa Que Quiero" - "Tuhan, semoga semua orang mengenal dan mencintaiMu inilah balasan satu-satunya yang kuinginkan"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar