Minggu, 08 Mei 2011

Ordo Santa Ursula (OSU)

 Sejarah Singkat
Kompani Santa Ursula didirikan tahun 1535 di Brescia, Italia, oleh Angela Merici. Pada akhir abad ke-16 menyebar ke Perancis. Kompani dalam bentuk aslinya, kelompok perawan dibaktikan yang tinggal di rumah masing-masing dengan pimpinan terpusat, tetap ada tanpa perubahan mendasar.Lambat laun ada Ursulin yang mulai hidup berkomunitas. Karena keadaan zaman dan khususnya karena dekrit Konsili Trente mereka menjadi biara dengan klausura. Biara-biara otonom mulai berkembang, kelompok biara yang membawa nama biara induk seperti Paris, Bordeaux, Toulouse, Lyon. Walaupun dalam klausura, putri-putri Angela itu dengan setia melanjutkan karya pendidikan yang berangsur-angsur mereka jalani sebagai jawaban atas kebutuhan zaman. Dalam bentuk itulah mereka tersebar ke seluruh dunia.
Pada akhir abad ke-19 ada sekitar 300 biara tersebar di semua benua. Mereka otonom, tergantung pada uskup diosis setempat.
Tahun 1870 Pemerintah Italia mulai menyita harta milik Gereja. Para Ursulin Roma terancam kehilangan biara mereka di Via Vittoria. Biara Blois memberi bantuan. Kemudian Biara Calvi dell'Umbra minta tolong, dan Blois memberi bantuan lagi.
Tahta Suci merestui permohonan mereka untuk membentuk uni kanonik Blois-Roma-Calvi. Masing-masing komunitas mempunyai pemimpin sendiri dan Ibu Marie St. Julien Aubry dari Blois dipilih menjadi Pemimpin Umum.
Paus Leo XIII (1810-1903) sangat gencar mempromosikan persatuan. Ia menyampaikan keinginannya kepada para Ursulin di seluruh dunia agar mereka bersatu di bawah seorang pemimpin umum yang tinggal di Roma. Para Ursulin dan para Uskup dimintai pendapat mereka tentang pokok itu.
Tanggal 18 Agustus 1900 Ibu Marie St. Julien menulis surat undangan kepada para pemimpin biara yang ingin membentuk uni. Sebagai jawaban, utusan dari 71 biara hadir dalam pertemuan yang dibuka tanggal 15 Nopember 1900 di Roma. 62 dari 71 biara menyatakan ingin membentuk uni. Tanggal 28 Nopember 1900 Paus Leo XIII memberi izin tertulis untuk pembentukan uni ke-62 biara itu.




Kerasulan
Kerasulan Ursulin beragam dan mengalami perubahan dalam kurun waktu sesuai dengan kebutuhan. Banyak Ursulin bekerja di sekolah, baik sekolah Ursulin atau bukan. Pendidikan diartikan secara luas, jadi tidak dibatasi pada pengajaran di sekolah. Pendidikan Ursulin menyiapkan orang untuk hidup, bukan hanya untuk karya. Kerasulan Ursulin diilhami oleh semangat Santa Angela yang ditimba dari tulisan-tulisannya. S. Angela sangat mementingkan harkat manusia. Jadi karya apa pun yang ditangani Ursulin, mereka akan selalu mengutamakan pendidikan yang mengembangkan potensi manusia. 
Akhir-akhir ini banyak karya sosial, pastoral dan kesehatan dipercayakan kepada Ursulin, baik di lembaga-lembaga Ursulin atau lain, dalam kerjasama dengan kongregasi lain, paroki, keuskupan, pemerintah atau swasta. Tentu saja pembinaan iman, retret dan rekoleksi, katekese dan pengembangan spiritualitas merupakan bagian yang penting dalam usaha Ursulin untuk membangun Kerajaan Allah.
Bergabung dengan Uni Roma memungkinkan Ursulin membuka dirinya lebar-lebar ke seluruh dunia. Dalam era globalisasi ini kehadiran misionaris Ursulin Indonesia juga diharapkan di negara-negara lain. Dalam situasi apa pun ia mendapat kekuatan dari kata-kata Bunda Angela yang meneguhkan.

 Hubungi
Provinsialat / Novisiat / Postulat
Jalan Supratman No 1
Kotak Pos 1840
Bandung 40018
Tel : +62 [22] 7207332
Email : info[at]ursulin[dot]or[dot]id
 

2 komentar:

  1. ada nomor hp yg dihubungi,saya mau bertanya mengenai kongregasi ini.

    BalasHapus
  2. maksudnya nomor hp yg dpt dihubungi.

    BalasHapus